KEWIRAUSAHAAN BAB 5

1.             Jelaskan Jenis-jenis badan usaha dan bentuk usaha yang legal!

2.             Jenis badan usaha apa yang digunakan oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih? Jelaskan!

3.     Jelaskan yang dimaksud dengan perusahaan perseorangan

4.     Jelaskan yang dimaksud dengan Persekutuan

5.     Jelaskan yang dimaksud dengan Korporasi

6.     Jelaskan bentuk khusus dari persekutuan dan korporasi

7.     Jelaskan bentuk franchising, manfaat dan kelemahan

8.     Buatlah pilihan bentuk usaha untuk usaha saudara dan jelaskan alasannya dari aspek kelebihan dan kekurangannya. Kemudian buatlah gambarannya!

Jawaban bab 5

1.     Jenis-jenis badan usaha diantaranya adalah :

a.      Koperasi adalah badan usaha yang berlandaskan asas-asas kekeluargaan

b.    BUMN) ialah badan usaha yang permodalannya seluruhnya atau sebagian dimiliki oleh Pemerintah. Status pegawai badan usaha-badan usaha tersebut adalah karyawan BUMN bukan pegawai negeri. BUMN sendiri sekarang ada 3 macam yaitu Perjan, Perum dan Persero.

-       Perjan adalah bentuk badan usaha milik negara yang seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah. Perjan ini berorientasi pelayanan pada masyarakat, Sehingga selalu merugi

-       Perum adalah perjan yang sudah diubah. Tujuannya tidak lagi berorientasi pelayanan tetapi sudah profit oriented. Sama seperti Perjan, perum di kelola oleh negara dengan status pegawainya sebagai Pegawai Negeri

-       Persero adalah salah satu Badan Usaha yang dikelola oleh Negara atau Daerah. Berbeda dengan Perum atau Perjan, tujuan didirikannya Persero yang pertama adalah mencari keuntungan dan yang kedua memberi pelayanan kepada umum. Modal pendiriannya berasal sebagian atau seluruhnya dari kekayaan negara yang dipisahkan berupa saham-saham. Persero dipimpin oleh direksi

c. BUMS adalah badan usaha yang didirikan dan dimodali oleh seseorang atau sekelompok orang yang dibedakan atas :

- Perusahaan Perseorangan, yaitu perusahaan yang asal modal dan kepemilikannya hanya berasal dari 1 orang

- Perusahaan Persekutuan, Perusahaan persekutuan adalah perusahaan yang memiliki 2 pemodal atau lebih. Ada 3 bentuk perusahaan persekutuan

1. Firma (Fa) adalah badan usaha yang didirikan oleh 2 orang atau lebih dimana tiap- tiap anggota bertanggung jawab penuh atas perusahaan. Modal firma berasal dari anggota pendiri serta laba/ keuntungan dibagikan kepada anggota dengan perbandingan sesuai akta pendirian.

2. Persekutuan Komanditer (commanditaire vennootschap atau CV) adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh 2 orang atau lebih.

3. Perseroan terbatas (PT) adalah badan usaha yang modalnya diperoleh dari hasil penjualan saham. Setiap pemengang surat saham mempunyai hak atas perusahaan dan setiap pemegang surat saham berhak atas keuntungan (dividen).

- Yayasan adalah suatu badan usaha, tetapi tidak merupakan perusahaan karena tidak mencari keuntungan. Badan usaha ini didirikan untuk sosial dan berbadan hukum.

2. Putra Sampoerna mewarisi usaha dari orangtuanya yaitu Aga Sampoerna yang berbentuk Perseroan Terbatas yaitu PT HM Sampoerna, perusahaan ini merupakan suatu perseroan terbatas yang awalnya bergerak di bidang produk tembakau yaitu rokok dan sigaret dan kemudian berkembang lini usahanya dengan pendirian beberapa anak usaha

3. Perusahaan perseorangan adalah badan usaha kepemilikannya dimiliki oleh satu orang. Individu dapat membuat badan usaha perseorangan tanpa izin dan tata cara tententu. Semua orang bebas membuat bisnis personal tanpa adanya batasan untuk mendirikannya. Pada umumnya perusahaan perseorangan bermodal kecil, terbatasnya jenis serta jumlah produksi, memiliki tenaga kerja / buruh yang sedikit dan penggunaan alat produksi teknologi sederhana. Contoh perusahaan perseorangan seperti toko kelontong, tukang bakso keliling, pedagang asongan, dan lain sebagainya.

4. Perusahaan persekutuan adalah perusahaan yang memiliki 2 pemodal atau lebih. Ada 3 bentuk perusahaan persekutuan

-  Firma (Fa) adalah badan usaha yang didirikan oleh 2 orang atau lebih dimana tiap- tiap anggota bertanggung jawab penuh atas perusahaan. Modal firma berasal dari anggota pendiri serta laba/ keuntungan dibagikan kepada anggota dengan perbandingan sesuai akta pendirian.

-  Persekutuan Komanditer (commanditaire vennootschap atau CV) adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh 2 orang atau lebih.

-  Perseroan terbatas (PT) adalah badan usaha yang modalnya diperoleh dari hasil penjualan saham. Setiap pemengang surat saham mempunyai hak atas perusahaan dan setiap pemegang surat saham berhak atas keuntungan (dividen).

5. Perseroan terbatas adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya. Di dalam PT pemilik modal tidak harus memimpin perusahaan, karena dapat menunjuk orang lain di luar pemilik modal untuk menjadi pimpinan. Untuk mendirikan PT / persoroan terbatas dibutuhkan sejumlah modal minimal dalam jumlah tertentu dan berbagai persyaratan lainnya.

6. – Limited partnership merupakan suatu bentuk khusus dari perseroan terbatas (PT) dimana pengolahan kapital hanya terbatas atas modal yang disetorkan atau dengan kata lain pemilik modal hanya akan menanggung rugi sebatas modal yang disetorkan saja.

- Research and Development (R & D) Limited Partnership merupakan bentuk perseroan terbatas yang khusus menyelenggarakan jasa penelitian dan pengembangan (Litbang)

- perseroan terbatas tipe s Merupakan bentuk khusus perseroan terbatas (di AS) yang dibentuk dan memiliki hak untuk pengisian formulir perpajakan secara khusus sehingga menghindarkan perusahaan ini dari membayar pajak secara ganda

7. Usaha waralaba merupakan bentuk khusus dari lisensi dimana pemberi hak bukan hanya menjual haknya tetapi juga turut serta membantu si penerima hak dalam melakukan bisnisnya

beberapa kelebihan dari bentuk waralaba adalah sebagai berikut:

a. Adanya pelatihan yang khusus diberikan oleh pemegang lisensi sehingga pemberdayaan SDM dapat dilakukan

b. Keuntungan dari penggunaan merek yang sudah dikenal didunia sehingga untuk memasarkannya tidak diperlukan lagi biaya yang tinggi

c. Umumnya perusahaan yang memberikan hak lisensinya mempunyai jaringan pemasaran yang kuat dan sudah terbukti keandalannya sehingga sipemegang lisensi dapat memanfaatkan jaringan ini.

d. Adanya bantuan keuangan bagi jalannya dan kemajuan dari perusahaan.

Namun disamping kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan diatas beberapa kekurangan dari bentuk waralaba antara lain :

a. Biaya paten yang harus dibayar oleh pemegang lisensi.

b. Control dari perusahaan pemegang paten yang ketat

c. Control serta pemenuhan janji-janji dari pemegang paten yang biasanya tidak ditepati.

8. Untuk saat ini, saya memilih untuk menjalankan bentuk badan perusahaan FIRMA, hal ini dikarenakan beberapa hal, yaitu :

- Modal kecil

- Lingkup usaha yang masih sederhana

- mudah didirikan

- hasil baginya bisa dikelola sendiri

Akan tetapi, kelemahan dari bentuk usaha yang saya bentuk diantaranya :

- keuntungannya relatif kecil karena jenis usahanya pun sederhana

- bila ada kerugian seluruhnya ditanggung oleh pribadi

- tidak punya badan hukum

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s